Selasa, 25 September 2012

trouble shooting karburator

                                       

KARBURATOR 4 TAK



KARBURATOR 4 TAK
Karburator adalah komponen sepeda motor yang berfungsi mengatur suplai bahan bakar (bensin) dan udara ke dalam ruang pembakaran atau silinder dengan perbandingan tertentu.
Prinsip kerja dari karburator adalah ketika piston bergerak turun dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) pada langkah isap akan menyebabkan kevakuman.Kevakuman ini menyebabkan udara masuk melalui bukaan skep dan pada saat itu juga spuyer bahan bakar pada posisi membuka.Udara yang masuk akan menarik bahan bakar dari karburator keluar melalui spuyer sehingga terbentuklah kabut yang merupakan campuran antara bahan bakar (bensin) dan udara yang selanjutnya akan dikirim menuju ruang bakar atau silinder.
Supaya engine dapat bekerja maksimal karburator harus disetel dengan tepat.Kesalahan dalam penyetelan karburator dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya atau terlalu miskin yang berakibat engine tidak bekerja dengan sempurna pada putaran tinggi.Campuran miskin atau kaya berarti suplai bahan bakar terlalu sedikit atau berlebih.
Berikut cara penyetelan karburator:
· Penyetelan Pilot Air Screw (Sekrup Udara)
Untuk penyetelan sekrup udara dilakukan pada saat mesin sepeda motor sedang menyala.Untuk menyetel sekrup ini mula-mula putar sekrup searah jarum jam sampai maksimal /berhent. kemudian putar berlawanan arah jarum jam kira-kira 1,5 putaran.
· Penyetelan Putaran Stasioner
Penyetelan langsam harus dilakukan pada kondisi mesin hidup dan sudah panas.Kenapa harus pada saat mesin sudah panas?,karena jika mesin sudah panas putaran mesil lebih stabil.Putaran mesin pada saat masih dingin akan berbeda dengan mesin yang sudah panas,biasanya jika mesin masih dingin putarannya lebih lambat.Untuk menyetelnya lakukan dengan memutar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sampai diperoleh setelan yang diinginkan.Namun untuk cara yang sering dilakukan pada saat menyetel langsam adalah sampai diperoleh suara mesin yang halus dan stabil.Jika sepeda motor dilengkapi dengan tachometer dapat menyetel langsam dengan melihat standar putaran langsam pada tachometer biasanya putaran langsam standar adalah 1300rpm s/d 1500 rpm.Standar pengaturan langsam mesin sepeda motor bebeda-beda,ada sepeda motor yang tidak boleh menyetel langsam terlalu kecil dikarenakan pompa oli tidak bekerja maksimal melumasi seluruh komponen mesin.

KELEBIHAN,KEKURANGAN MESIN 2 TAK DAN 4 TAK


Sepeda motor bermesin 2 tak ataupun 4 tak masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yaitu:A.Sepeda motor bermesin 2 tak
Kelebihannya adalah:
· Konstruksinya sederhana sehingga perawatan akan menjadi lebih mudah.
· Memiliki akselerasi/percepatan yang baik pada medan jalan datar.
· Kalpot tidak mudah keropos karena oli sisa dari pembakaran akan melumasi knalpot.
· Oli mesin lebih awet karena hanya digunakan untuk melumasi mesin bagian bawah.
Kekurangannya adalah:
· Boros konsumsi bahan bakar.
· Mesin 2 tak menggunakan oli samping sehingga diperlukan biaya tambahan jika menggunkan sepeda motor bermesin 2 tak.
· Oli samping yang terbakar akan mengakibatkan polusi udara.
B.Sepeda Motor Mesin 4 Tak
Kelebihannya:
· Konsumsi bahan bakar lebih irit.
· Tenaga yang dihasilkan lebih besar .
· Hampir tidah ada asap yang dikeluarkan dari sisa pembakaran sehingga lebih ramah lingkungan.
· Mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.
Sedangkan kekurangannya:
· Perawatan mesin lebih sulit karena konstruksi mesin 4 tak reltif lebih rumit.
· Karena oli mesin digunakan untuk melumasi seluruh bagian mesin kualitas oli akan cepat menurun sehingga penggantian oli lebih cepat daripada mesin 2 tak.
· Knalpot pada mesin 4 tak akan lebih cepat keropos karena sisa oli yang melumasinya

MESIN 2 TAK DAN 4 TAK


Jenis engine sepeda motor yang digunakan saat ini ada 2 jenis yaitu engine 4 tak dan 2 tak,namun akhir-akhir ini jenis engine 2 tak mulai jarang digunakan dan pabrikan sepeda motor pun sudah mulai tidak memproduksinya.Namun tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa perbedaan antara mesin 4 tak dan mesin 2 tak. 

ASAP KELUAR DARI KNALPOT

Keluarnya asap berwarna merupakan gejala abnormal pada engine.Asap yang keluar dari engine dapat berwarna hitam ataupun putih tergantung dari penyebabnya.

ENGINE SUSAH DINYALAKAN

Dengan memutar kunci kontak pada posisi “on” kemudian menekan tombol starter atau menggunakan kick starter mesin tidak mau menyala.Untuk mencari penyebab masalah ini kita

PERCEPATAN ATAU AKSELERASI RENDAH

Dengan memutar gas (throttle ) secara perlahan-lahan hingga penuh akan tetapi respon ataupun percepatan engine sepeda motor sangat lemah dengan kata lain percepatan engine tidak sebanding

KONSUMSI BAHAN BAKAR BOROS

Jika terjadi kejanggalan dalam hal konsumsi bahan bakar sepeda motor anda misalnya akhir-akhir ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros jika dibandingkan waktu-waktu sebelumnya,kemungkinan-kemungkinan penyebab menjadi

DAYA ENGINE MENURUN

Saat sepeda motor sedang dipacu terasa berat terutama saat sedang melewati medan tanjakan.Sepeda motor dapat melewati tanjakan jika transmisi diposisikan pada gigi rendah padahal sebelumnya dengan posisi gigi lebih tinggi sepeda motor 4 tak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar