KARBURATOR 4 TAK
 
 
KARBURATOR 4 TAK
Karburator
  adalah komponen sepeda motor yang berfungsi mengatur suplai bahan 
bakar  (bensin) dan udara ke dalam ruang pembakaran atau silinder dengan
  perbandingan tertentu.
Prinsip kerja dari 
 karburator adalah ketika piston bergerak turun dari Titik Mati Atas  
(TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) pada langkah isap akan menyebabkan  
kevakuman.Kevakuman ini menyebabkan udara masuk melalui bukaan skep dan 
 pada saat itu juga spuyer bahan bakar pada posisi membuka.Udara yang  
masuk akan menarik bahan bakar dari karburator keluar melalui spuyer  
sehingga terbentuklah kabut yang merupakan campuran antara bahan bakar  
(bensin) dan udara yang selanjutnya akan dikirim menuju ruang bakar atau
  silinder.
Supaya engine dapat bekerja  
maksimal karburator harus disetel dengan tepat.Kesalahan dalam  
penyetelan karburator dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara  
terlalu kaya atau terlalu miskin yang berakibat engine tidak bekerja  
dengan sempurna pada putaran tinggi.Campuran miskin atau kaya berarti  
suplai bahan bakar terlalu sedikit atau berlebih.
Berikut cara penyetelan karburator:
·         Penyetelan Pilot Air Screw (Sekrup Udara)
Untuk
  penyetelan sekrup udara dilakukan pada saat mesin sepeda motor sedang 
 menyala.Untuk menyetel sekrup ini mula-mula putar sekrup searah jarum  
jam sampai maksimal /berhent. kemudian putar berlawanan arah jarum jam  
kira-kira 1,5 putaran.
·         Penyetelan Putaran Stasioner
Penyetelan
  langsam harus dilakukan pada kondisi mesin hidup dan sudah 
panas.Kenapa  harus pada saat mesin sudah panas?,karena jika mesin sudah
 panas  putaran mesil lebih stabil.Putaran mesin pada saat masih dingin 
akan  berbeda dengan mesin yang sudah panas,biasanya jika mesin masih 
dingin  putarannya lebih lambat.Untuk menyetelnya lakukan dengan memutar
 searah  jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sampai diperoleh 
setelan yang  diinginkan.Namun untuk cara yang sering dilakukan pada 
saat menyetel  langsam adalah sampai diperoleh suara mesin yang halus 
dan stabil.Jika  sepeda motor dilengkapi dengan tachometer dapat 
menyetel langsam dengan  melihat standar putaran langsam pada tachometer
 biasanya putaran langsam  standar adalah 1300rpm s/d 1500 rpm.Standar 
pengaturan langsam mesin  sepeda motor bebeda-beda,ada sepeda motor yang
 tidak boleh menyetel  langsam terlalu kecil dikarenakan pompa oli tidak
 bekerja maksimal  melumasi seluruh komponen mesin.
KELEBIHAN,KEKURANGAN MESIN 2 TAK DAN 4 TAK
Sepeda motor bermesin 2 tak ataupun 4 tak masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yaitu:A.Sepeda motor bermesin 2 tak
Kelebihannya adalah:
·         Konstruksinya sederhana sehingga perawatan akan menjadi lebih mudah.
·         Memiliki akselerasi/percepatan yang baik pada medan jalan datar.
·         Kalpot tidak mudah keropos karena oli sisa dari pembakaran akan melumasi knalpot.
·         Oli mesin lebih awet karena hanya digunakan untuk melumasi mesin bagian bawah.
Kekurangannya adalah:
·         Boros konsumsi bahan bakar.
·         Mesin 2 tak menggunakan oli samping sehingga diperlukan biaya tambahan jika menggunkan sepeda motor bermesin 2 tak.
·         Oli samping yang terbakar akan mengakibatkan polusi udara.
B.Sepeda Motor Mesin 4 Tak
Kelebihannya:
·         Konsumsi bahan bakar lebih irit.
·         Tenaga yang dihasilkan lebih besar .
·         Hampir tidah ada asap yang dikeluarkan dari sisa pembakaran sehingga lebih ramah lingkungan.
·         Mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.
Sedangkan kekurangannya:
·         Perawatan mesin lebih sulit karena konstruksi mesin 4 tak reltif lebih rumit.
·         Karena
  oli mesin digunakan untuk melumasi seluruh bagian mesin kualitas oli  
akan cepat menurun sehingga penggantian oli lebih cepat daripada mesin 2
  tak.
·         Knalpot pada mesin 4 tak akan lebih cepat keropos karena sisa oli yang melumasinya
MESIN 2 TAK DAN 4 TAK

Jenis engine sepeda motor yang digunakan saat ini ada 2 jenis yaitu engine 4 tak dan 2 tak,namun akhir-akhir ini jenis engine 2 tak mulai jarang digunakan dan pabrikan sepeda motor pun sudah mulai tidak memproduksinya.Namun tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa perbedaan antara mesin 4 tak dan mesin 2 tak.
ASAP KELUAR DARI KNALPOT
  Keluarnya asap berwarna merupakan gejala abnormal pada engine.Asap 
yang  keluar dari engine dapat berwarna hitam ataupun putih tergantung 
dari penyebabnya.
ENGINE SUSAH DINYALAKAN
  Dengan memutar kunci kontak pada posisi “on” kemudian menekan tombol  
starter atau menggunakan kick starter mesin tidak mau menyala.Untuk  
mencari penyebab masalah ini kita 
PERCEPATAN ATAU AKSELERASI RENDAH
  Dengan memutar gas (throttle ) secara perlahan-lahan hingga penuh akan
  tetapi respon ataupun  percepatan engine sepeda motor sangat lemah  
dengan kata lain percepatan engine tidak sebanding
KONSUMSI BAHAN BAKAR BOROS
  Jika terjadi kejanggalan dalam hal konsumsi bahan bakar sepeda motor  
anda misalnya akhir-akhir ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros  
jika dibandingkan waktu-waktu sebelumnya,kemungkinan-kemungkinan  
penyebab menjadi
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar