KARBURATOR 4 TAK
KARBURATOR 4 TAK
Karburator
adalah komponen sepeda motor yang berfungsi mengatur suplai bahan
bakar (bensin) dan udara ke dalam ruang pembakaran atau silinder dengan
perbandingan tertentu.
Prinsip kerja dari
karburator adalah ketika piston bergerak turun dari Titik Mati Atas
(TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) pada langkah isap akan menyebabkan
kevakuman.Kevakuman ini menyebabkan udara masuk melalui bukaan skep dan
pada saat itu juga spuyer bahan bakar pada posisi membuka.Udara yang
masuk akan menarik bahan bakar dari karburator keluar melalui spuyer
sehingga terbentuklah kabut yang merupakan campuran antara bahan bakar
(bensin) dan udara yang selanjutnya akan dikirim menuju ruang bakar atau
silinder.
Supaya engine dapat bekerja
maksimal karburator harus disetel dengan tepat.Kesalahan dalam
penyetelan karburator dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara
terlalu kaya atau terlalu miskin yang berakibat engine tidak bekerja
dengan sempurna pada putaran tinggi.Campuran miskin atau kaya berarti
suplai bahan bakar terlalu sedikit atau berlebih.
Berikut cara penyetelan karburator:
· Penyetelan Pilot Air Screw (Sekrup Udara)
Untuk
penyetelan sekrup udara dilakukan pada saat mesin sepeda motor sedang
menyala.Untuk menyetel sekrup ini mula-mula putar sekrup searah jarum
jam sampai maksimal /berhent. kemudian putar berlawanan arah jarum jam
kira-kira 1,5 putaran.
· Penyetelan Putaran Stasioner
Penyetelan
langsam harus dilakukan pada kondisi mesin hidup dan sudah
panas.Kenapa harus pada saat mesin sudah panas?,karena jika mesin sudah
panas putaran mesil lebih stabil.Putaran mesin pada saat masih dingin
akan berbeda dengan mesin yang sudah panas,biasanya jika mesin masih
dingin putarannya lebih lambat.Untuk menyetelnya lakukan dengan memutar
searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sampai diperoleh
setelan yang diinginkan.Namun untuk cara yang sering dilakukan pada
saat menyetel langsam adalah sampai diperoleh suara mesin yang halus
dan stabil.Jika sepeda motor dilengkapi dengan tachometer dapat
menyetel langsam dengan melihat standar putaran langsam pada tachometer
biasanya putaran langsam standar adalah 1300rpm s/d 1500 rpm.Standar
pengaturan langsam mesin sepeda motor bebeda-beda,ada sepeda motor yang
tidak boleh menyetel langsam terlalu kecil dikarenakan pompa oli tidak
bekerja maksimal melumasi seluruh komponen mesin.
KELEBIHAN,KEKURANGAN MESIN 2 TAK DAN 4 TAK
Sepeda motor bermesin 2 tak ataupun 4 tak masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yaitu:A.Sepeda motor bermesin 2 tak
Kelebihannya adalah:
· Konstruksinya sederhana sehingga perawatan akan menjadi lebih mudah.
· Memiliki akselerasi/percepatan yang baik pada medan jalan datar.
· Kalpot tidak mudah keropos karena oli sisa dari pembakaran akan melumasi knalpot.
· Oli mesin lebih awet karena hanya digunakan untuk melumasi mesin bagian bawah.
Kekurangannya adalah:
· Boros konsumsi bahan bakar.
· Mesin 2 tak menggunakan oli samping sehingga diperlukan biaya tambahan jika menggunkan sepeda motor bermesin 2 tak.
· Oli samping yang terbakar akan mengakibatkan polusi udara.
B.Sepeda Motor Mesin 4 Tak
Kelebihannya:
· Konsumsi bahan bakar lebih irit.
· Tenaga yang dihasilkan lebih besar .
· Hampir tidah ada asap yang dikeluarkan dari sisa pembakaran sehingga lebih ramah lingkungan.
· Mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.
Sedangkan kekurangannya:
· Perawatan mesin lebih sulit karena konstruksi mesin 4 tak reltif lebih rumit.
· Karena
oli mesin digunakan untuk melumasi seluruh bagian mesin kualitas oli
akan cepat menurun sehingga penggantian oli lebih cepat daripada mesin 2
tak.
· Knalpot pada mesin 4 tak akan lebih cepat keropos karena sisa oli yang melumasinya
MESIN 2 TAK DAN 4 TAK
Jenis engine sepeda motor yang digunakan saat ini ada 2 jenis yaitu engine 4 tak dan 2 tak,namun akhir-akhir ini jenis engine 2 tak mulai jarang digunakan dan pabrikan sepeda motor pun sudah mulai tidak memproduksinya.Namun tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa perbedaan antara mesin 4 tak dan mesin 2 tak.
ASAP KELUAR DARI KNALPOT
Keluarnya asap berwarna merupakan gejala abnormal pada engine.Asap
yang keluar dari engine dapat berwarna hitam ataupun putih tergantung
dari penyebabnya.
ENGINE SUSAH DINYALAKAN
Dengan memutar kunci kontak pada posisi “on” kemudian menekan tombol
starter atau menggunakan kick starter mesin tidak mau menyala.Untuk
mencari penyebab masalah ini kita
PERCEPATAN ATAU AKSELERASI RENDAH
Dengan memutar gas (throttle ) secara perlahan-lahan hingga penuh akan
tetapi respon ataupun percepatan engine sepeda motor sangat lemah
dengan kata lain percepatan engine tidak sebanding
KONSUMSI BAHAN BAKAR BOROS
Jika terjadi kejanggalan dalam hal konsumsi bahan bakar sepeda motor
anda misalnya akhir-akhir ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros
jika dibandingkan waktu-waktu sebelumnya,kemungkinan-kemungkinan
penyebab menjadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar