Pengertian
Motor
atau mesin adalah gabungan dari beberapa komponen yang dirakit menjadi
satu kesatuan yang utuh yang dapat mengubah bahan bakar menjadi tenaga.
Berdasarkan prinsipkerja motor dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
Motor 2 Tak
2 Motor 4 Tak
MOTOR DUA TAK / LANGKAH
Motor
2 tak adalah proses berlangsungnyagaraka piston satu kali TMA dan 1kali
TMB sama dengan satu kali putaran poros engkol sama dengan satu kali
pembakaran.
Ciri ciri motor dua tak :
1 Menggunakan oli samping.
2 Menggunakan bahan bakar campuran
3 Mengeluarkan asap.
4 Tidakmenggunakan mekanisme katup
5 Disebut dengan motor sistem kalter kering
Fungsi oli samping :
- Untuk pelumas poros engkol atau as kruk.
- Pelumas blok silinder
- Pelumas ringpiston da piston
- Pelumas knalpot
Fungsi oli mesin
- Pelumas kopling
- Pelumas engkol
- Pelumas transmisi dan lain lain
Sistem penyuplai bahan bakar pada motor dua tak ada tiga macam
Rotari
2 Klep bilas
Putaran poros engkol atau as kruk
Prinsip kerja motor dua tak
Langkah hisap dan kompresi
- Piston bergerak dari TMB ke TMA
- Gas/ bahan bakar masuk melalui intake manifold dari karburator keruang bakar.
- Pistos bergerak naik memadatkan bahan bakar (kompresi), suhu ruang bakar menjadi panas.
2 Langkah pembakaran dan pembuangan
- Sebelum
piston mencapai TMA busi mengeluarkan percikan api, maka terjadilah
ledakan atau pembakaran (piston bergarak dari TMA ke TMB).
- Sisa pembakaran keluar ke out manifold / knalpot
MOTOR EMPAT TAK
Pengertian
Motor empat tak adalah berlangsungnya empat kali langkah seker menghasilkan satu kali langkah kerja.
Ciri ciri motor 4 tak :
Menggunakan bahan bakar murni
Tidak mengeluarkan asap
Tidak menggunakan oli samping
Menggunakan katup
Menggunakan rantai sentrik
PRINSIP KERJA MOTOR 4 TAK
Langkah hisap
a. Piston bergerak dari TMA ke TMB
b. Katup hisap terbuka gas baru masuk melaluisaluran intake manifold.
Langkah kompresi
a. Piston bergerak dari TMB ke TMA
b. Campuran udara dan bensin yang dihisap dan dikompresikan
c. Katup hisap dan katup buang tertutup
Langkah usaha
a. Piston bergerak dari TMA ke TMB
b. Setelah
piston naik ke TMA pada langkah kompresi, busi mengeluarkan percikan
bunga api dan terjadi ledakan (pembakaran) sehingga mendorong piston ke
bawah menjadi tenaga mesin.
c. Kedua katup masih tertutup
Langkah buang
Dalam
langkah ini gas sisa pembakaran dibuang dari dalam silinder piston
bergerak dari silinder piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong
gas keluar dari silinder, katup buang terbuka .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar