Selasa, 25 September 2012

pengertian motor 4 tak sama 2 tak

Pengertian
Motor atau mesin adalah gabungan dari beberapa komponen yang dirakit menjadi satu kesatuan yang utuh yang dapat mengubah bahan bakar menjadi tenaga.
Berdasarkan prinsipkerja motor dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
           Motor 2 Tak
2    Motor 4 Tak

MOTOR DUA TAK / LANGKAH
Motor 2 tak adalah proses berlangsungnyagaraka piston satu kali TMA dan 1kali TMB sama dengan satu kali putaran poros engkol sama dengan satu kali pembakaran.
Ciri ciri motor dua tak :
1        Menggunakan oli samping.
2     Menggunakan bahan bakar campuran
3     Mengeluarkan asap.
4     Tidakmenggunakan mekanisme katup
5        Disebut dengan motor sistem kalter kering

Fungsi oli samping :
-          Untuk pelumas poros engkol atau as kruk.
-          Pelumas blok silinder
-          Pelumas ringpiston da piston
-          Pelumas knalpot

Fungsi oli mesin
-          Pelumas kopling
-          Pelumas engkol
-          Pelumas transmisi dan lain lain
Sistem penyuplai bahan bakar pada motor dua tak ada tiga macam
         Rotari
2    Klep bilas
          Putaran poros engkol atau as kruk
  Prinsip kerja motor dua tak
                  Langkah hisap dan kompresi
-          Piston bergerak dari TMB ke TMA
-          Gas/ bahan bakar masuk melalui intake manifold dari karburator keruang bakar.
-          Pistos bergerak naik memadatkan bahan bakar (kompresi), suhu ruang bakar menjadi panas.
2               Langkah pembakaran dan pembuangan
-          Sebelum piston mencapai TMA busi mengeluarkan percikan api, maka terjadilah ledakan atau pembakaran (piston bergarak dari TMA ke TMB).
-          Sisa pembakaran keluar ke out manifold / knalpot

MOTOR EMPAT TAK
 Pengertian
  Motor empat tak adalah berlangsungnya empat kali langkah seker menghasilkan satu kali langkah    kerja.
Ciri ciri motor 4 tak :
            Menggunakan bahan bakar murni
            Tidak mengeluarkan asap
            Tidak menggunakan oli samping
             Menggunakan katup
             Menggunakan rantai sentrik
PRINSIP KERJA MOTOR 4 TAK
              Langkah hisap
a.       Piston bergerak dari TMA ke TMB
b.      Katup hisap terbuka gas baru masuk melaluisaluran intake manifold.
              Langkah kompresi
a.       Piston bergerak dari TMB ke TMA
b.      Campuran udara dan bensin yang dihisap dan dikompresikan
c.       Katup hisap dan katup buang tertutup
               Langkah usaha
a.       Piston bergerak dari TMA ke TMB
b.      Setelah piston naik ke TMA pada langkah kompresi, busi mengeluarkan percikan bunga api dan terjadi ledakan (pembakaran) sehingga mendorong piston ke bawah menjadi tenaga mesin.
c.       Kedua katup masih tertutup
                 Langkah buang
        Dalam langkah ini gas sisa pembakaran dibuang dari dalam silinder piston bergerak dari silinder         piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas keluar dari silinder, katup buang   terbuka .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar